Download!Pustaka Download Gratis

Metode Karantina Ala Rasulullah

Saat ini ummat manusia diseluruh dunia dibikin takut dan waspada terhadap virus baruyang dikenal dengan novel coronavirus yang disebut juga 2019-nCOV (COVID-19)

Wabah penyakit memang biasa terjadi disetiap zaman, begitu juga halnya wabah juga pernah terjadi di masa Rasulullah Shalallahu ‘alihi wassalam.

Memang wabah yang terjadi saat itu bukanlah Corona, akan tetapi virus yang beredar saat itu juga sangatlah mematikan dan cepat menyebar juga seperti halnya virus corona saat ini.

Penyakit yang disebut sebagai salah satu kusta yang menular dan sangat mematikan terjadi di masa itu dan pada zaman tersebut belum diketahui apa obat yang bisa menangulanginya.

Pada masa itu, Rasulullah sempat berpesan dalam sebuah haditsnya,

لاَ تُدِيمُوا النَّظَرَ إِلَى الْمَجْذُومِينَ‏

“Jangan kamu terus menerus melihat orang yang mengidap penyakit kusta.” (HR. Bukhori)

Dalam hadits lain Rasulullah Shalalahu ‘alihi wassalam juga mengingatkan,

إذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)

Pada hadits tersebut diatas jelas bahwa Rasulullah Shalallahu ‘aliahi wassalam sangat paham tentang wabah penyakit menular, sehingga beliau menyarankan untuk tidak memasuki wilayah yang saat itu tersebar suatu wabah. Dan juga melarang orang yang terkena wabah tersebut untuk keluar dari tempat tersebut.

Hal ini sangat mirip dengan proses karantina yang dilakukan pemerintah dimana virus corona menyebar sangat cepat dan luas.

Jadi metode karantina bukanlah sebuah hal yang baru, tapi sudah dilakukan dan diperintahkan oleh baginda Rasulullah di masa kepemimpinan beliau. Sungguh betapa cerdasnya manusia termulia tersebut.