Keutamaan Malam Hari Raya Idul Fitri

Malam ini bertepatan dengan malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Saya selaku admin blog rilweb.com memohon maaf lahir bathin. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Diantara keutamaan dari malam besar di hari raya ini dapat kita perhatikan dari hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam berikut:

Imam Ibnu Majah dalam kitab sunan ibn majah meriwayatkan dari sahabat Abu umamah bahwa nabi Saw bersabda orang yang menghidupkan malam 2 hari raya, yaitu idul adha dan idul fitri, maka hatinya akan terus hidup ketika hati Manusia mulai mati dan tak berfungsi.

Meskipun hadits tersebut lemah (dhaif) akan tetapi para ulama hadits bersepakat untuk memperkenankan dipraktekan pada 2 malam hari raya tersebut.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Azkar an-Nawawiyah berpendapat bahwa menghidukan malam malam tersebut dengan cara mengfungsikan mayoritas waktu malam untuk ibadah, walaupun memang menurut ulama lain, bisa hanya dengan beberapa saat saja dari waktu malam tersebut. syekh Muhammad bin Abdul Hadi as-Sindi mengatakan cukup menghidupkan malam hari raya itu dengan melaksanakan shalat tahajud.

Imam Abu al-Qasim al-Ashbahani dalam kitab targib wa tarhib meriwayatkan hadis dari sahabat Mu’adz Bin jabal ra bahwa Nabi saw mengatakan orang yang menghidupkan 5 malam tertentu dengan beragam ibadah , maka ia mesti mendapatkan Surga. Yaitu, malam tarwiyah, malam arafah, malam idul adha, malam idul fitr, dan malam nisfu sya’ban.

Sedangkan menurut Imam Syafi’i doa akan diijabah pada 5 malam utama, yaitu malam jum’at, malam idul fitr dan idul adha, malam awal bulan rajab, dan malam nisfu Sya’ban.

106 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Keutamaan Malam Hari Raya Idul Fitri Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya