Jangan Lakukan Ini Saat dan Setelah Makan, Bahaya!

Kebiasaan setelah makan seringkali kita abaikan dan bahkan 5 kebiasaan ini terlalu sering kita lakukan, namun ternyata melakukan 5 hal tersebut membuat sistem pencernaan kita terganggu dan memungkinkan menjadi gaya hidup yang tidak menyehatkan.

Berikut 5 Hal yang harus dihindari saat maupun setelah kita makan.

Minum Teh

Menyeruput teh saat makn atau setelah makan memang memberikan sensasi nikmat dan menenangkan, akan tetapi tahukah anda ketika kita langsung meminu teh setelah makan, sistem cerna makanan dalam lambung kita menjadi tidak sempurna.

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberap zat yang terkandung didalam teh yaitu asam tanin yang membuat protein dan zat besi menjadi sulit dicerna.

Makan Buah-buahan

Kebanyakan orang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah sebaiknya dilakukan setelah makan sebagai pencuci mulut. Anggapan ini tersnyata salah besar. Saat kita makan berat, seperti karbohidrat dan protein, biasanya tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencernanya.

Nah disaat pencernaan sedang bekerja memproses makanan tersebut jika anda langsung memakan buah, maka akan mengakibatkan beratny kerja pencernaan kita yang memungkinkan tidak semua makan yang masuk bisa diproses.

Merokok

Sebagian Pria lebih memilih merokok setelah makan besar, hal ini kata mereka serasa lebih nikmat dan santai. Meskipun berbahaya merokok seringkali menjadi pilihan setelah makan.

Merokok ternyata dapat mengganggu sitem pencernaan kita karena paparan asap yang masuk akan menempel pada makanan yang belum sempat diproses.

Mandi

Orang tua dulu sering mewanti-wanti anaknya agar jangan mandi setelah makan, kata mereka bisa mengakibatkan gemuk. Ternyata hal itu mungkin terjadi meskipun tergantung dengan hormon pada masing-masing individu juga sih.

Setidaknya dengan mandi setelah makan akan mengganggu sistem metabolisma tubuh kita, karena saat mandi tubuh mengalami kenaikan suhu yang seharusnya tubuh kita membutuhkan suhu yang stabil untuk mencerna makanan yang telah masuk kedalam lambung.

Tidur

Tak bisa dipungkiri, sesaat setelah makan rasa kantuk akan kita rasakan, hal ini terjadi karena oksigen banyak berpindah ke area lambung. Namun aktivitas ini sangatlah berbahaya, karena saat kita tidur maka asam lambung akan meningkat dan bisa menyebabkan acid reflux yang berujung pada stroke bahkan kematian.

Nah gimana sobat rilweb.com, masih mau melakukan 5 kesalahan tersebut? Yuk jaga kesehatan untuk masa depan kita dan keluarga.

85 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Jangan Lakukan Ini Saat dan Setelah Makan, Bahaya! Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya